Memulai Kembali ryan-isra.net, Apa tujuan membuat blog?

  • 4 min read
  • Jun 08, 2020
apa tujuan anda?

Memulai Kembali ryan-isra.net, Apa tujuan membuat blog?

apa tujuan anda?

Bismillah
Alhamdulillah hari ini sudah bisa saya aktifin lagi ryan-isra.net ini setelah sebelumnya cukup lama mati suri non-aktif, disebabkan karena kesibukan pribadi: memperdalam bahasa Arab, yang diliputi (mayoritas) dengan kesibukan  enterpreuner mengelola toko herbal, juga karena telat bayar hosting (sehingga data di blog-blog sebelumnya dihapus oleh pihak hosting) dan juga beberapa kesibukan lainnya yang mungkin belum disebutkan karena emang belum inget.

Tapi, intinya sekarang saya pengen coba lagi ber-blogging ria (bukan riya, karena ini dosa) dengan beberapa niat. Diantara beberapa tujuan membuat menghidupkan kembali blog pribadi, diantaranya: catatan pribadi online, berbagi kepada komunitas internet, berbagi kepada yang membutuhkan, memperkuat memori tentang momen-momen tertentu, atau sekadar copy-paste dari blog lain (baik itu kutipan plus komentar atau hanya sekedar kutipan saja).

Kalau dirinci, beberapa tujuan membuat blog di antaranya:
1. Catatan pribadi online: dengan adanya blog ini, maka pencatatan untuk hal-hal penting bisa lebih mudah, karena beberapa kali ada kejadian penting atau informasi penting yang ketika saya coba cari kembali informasinya, ternyata datanya nggak ketemu, informasinya hilang. Nah itu sangat disayangkan sekali.

2. Berbagi kepada komunitas internet: Nah untuk berbagi kepada komunitas internet, ini adalah hal yang juga dulu saya niatkan secara pribadi dulunya ketika awal belajar membuat blog. Ketika saya berusaha mencari informasi tentang suatu masalah misalnya, terus saya dapati solusinya di blog orang lain, maka saya sangat-sangat senang ketika itu, karena bisa mendapat orang yang lain yang memiliki masalah yang sama, kemudian dia menemukan solusinya, sehingga solusinya pun bisa menjadi solusi saya; inilah salah satu manfaat besar dari internet dan ini pun yang saya lakukan dulu di awal kali membuat blog, yakni untuk berbagi hal-hal atau informasi-informasi seperti ini karena karena pada dasarnya saya suka berbagi, sebagaimana saya suka mendapat manfaat dari orang lain, maka saya juga suka berbagi manfaat kepada orang lain.

3. Berbagi kepada yang membutuhkan: berbagi kepada yang membutuhkan ini mungkin agak beda dengan poin diatas, kalau yang diatas mungkin untuk secara umum bisa diterapkan untuk semua informasi, nah untuk yang ini mungkin lebih dikatakan private, jadi tidak semua orang bisa mengaksesnya, dikhususkan untuk orang-orang yang membutuhkan saja, bisa jadi karena alasan tertentu terkadang informasi itu tidak diset public. Misalnya informasi yang khawatir kalau dibagikan ke khalayak umum bisa disalahgunakan, tapi untuk beberapa orang yang membutuhkan tidak mengapa.

4. Memperkuat memori tentang hal atau momen-momen tertentu
Memperkuat memori tentang hal atau momen-momen tertentu, ya bisa jadi momen pribadi, komunitas, kejadian sejarah, dan lain-lain. Informasi umum atau yang spesifik. Karena, ada kaidah ikatlah ilmu dengan tulisan. Nah, kaidah ini bisa juga diterapkan di blog, walaupun lebih efektif tulis manual ya, tapi Insya Allah blog ini bisa juga cukup membantu, daripada nggak sama sekali dan kita hanya memudahkan perkara yang udah ada wasilah untuk mempermudahnya atau bahasa singkatnya gampangnya aja gimana. Lagi pula, sebenarnya saya nggak ngetik secara total untuk ngeblob saat ini, saya pakai speech to text aja supaya saya cukup ngomong, ungkapkan yang ada di dalam pikiran, dan otomatis komputer ini akan mengetik apa yang saya ucapkan ini. Jadi sebenernya, realitasnya saya enggak terlalu ngetik juga kecuali beberapa editing yang perlu dilakukan aja hehehe. Jadi kaidah ikatlah ilmu di blog ini dikatakan agak lemah.

5. Sekadar copy paste dari blog lain

baik dengan kutipan tulis komentar atau hanya sekedar kutipan saja. Jadi tujuannya membuat blog ya terkadang hanya sekedar copy paste dari tulisan orang lain, kemudian disertai dengan komentar pribadi, ataupun tanpa menyertai komentar pribadi. Tentunya dengan menyertakan sumber tulisan tersebut, credit to author, agar tidak masuk ke dalam kategori pembajakan.

6. Sebagai spion dan flashback kehidupan yang lampau
Jadi dulu kalau saya ngeblog tuh, biasanya saya suka lihat beberapa postingan yang berlalu di beberapa waktu ke belakang, 6 bulan kebelakang, atau 1 tahun, atau 2 tahun, atau 5 tahun. Nah dengan tujuan membuat blog sebagai spion ini, kadang kita bisa sesekali melihat kebelakang. Seperti apa saya 5 tahun yang lalu, kemudian seperti apa saya 5 tahun setelahnya. Atau, ada kejadian di 3 tahun yang lalu kita ambil pelajaran kemudian bagaimana 3 tahun setelah berlalu, apakah ada perubahan? Apakah Ada progres positif dalam hidup kita? Tanpa catatan seperti ini tentu kita nggak bisa punya data sebagai pembanding, dan seringkali kan kita dapati hidup itu penuh pelajaran berharga, pelajaran-pelajaran yang tidak kita dapati di pendidikan formal seperti di sekolah atau di kampus, bahkan justru baru kita dapati pelajaran sebenarnya itu ada di realita lapangan yang kita jalani sehari-hari. Sebagian orang yang menuliskan kisah hidupnya, ketika dia membuka lagi lembaran-lembaran lama dalam kehidupan yang lampau boleh jadi ada pelajaran yang dia lupakan, atau ada pelajaran yang sudah berhasil mengubah hidupnya, dan saat ini sudah menjadi cambuk untuk dirinya dalam mengambil sikap dan membuat perubahan.

Like this one (the very first post on ryan-isra.net, 10th Feb 2009)

Very first post ryan-isra.net

Welcome to the www.ryan-isra.net
New blog, new life, new spirit, new year, but old panties rolling on the floor.

This is the umpteenth time i create blog and yeah, the others blog were still active, although not up-to-date.
I hope this one not like previous blogs, i mean this one will be better.

But, there are different things here:
– Using the paid domain and hosting. ( www.rya-isra.net )
– Using WordPress. ( Uhm, first time using wordpress )
– Using a pretty view wordpress themes (IMO). ( Yeah, apple themes, so cute as well as me big grin )

Ehm, it seem i run out the word.
So, welcome to www.ryan-isra.net

When I looked back at this post, I talk to my self “look at this kid, so childish“.

7. Tujuan membuat blog untuk cari duit?
Ya, ini pernah sih dulu saya lakukan juga. Ketika awal-awal booming-nya cara mencari duit lewat internet atau cara menghasilkan uang lewat internet, dulu rame orang buat blog. Salah satunya tujuannya ya ini, untuk cari duit lewat internet tapi, untuk sekarang lebih tepatnya kalau emang difokuskan untuk bisnis, ya dibuat aja blog khusus bisnis untuk wasilah mendapatkan penghasilan tambahan (atau bahkan menjadikannya penghasilan utama) dalam rangka mencari nafkah yang halal. Ga ada masalah untuk tujuan ini, karena niatnya sudah benar, tinggal menempuh cara yang benar.
Adapun, saya sendiri sudah memisahkan antara Blog pribadi, blog bisnis, blog belajar, jadi saya bisa fokus ke salah satunya tanpa dicampur aduk kalaupun ada paling sedikit.

Nah, inilah beberapa tujuan saya kembali mengaktifkan blog, inilah beberapa poin yang kira-kira terpikirkan saat ini. Balau ke depannya ada tujuan lain dari membuat blog yang bisa di-share, mungkin akan saya tambahkan di sini. Sekian. Alhamdulillah barakallahu fiikum wa Shallallahu ala nabiyyina muhammad wa ala alihi wa ashabihi ajma’in Alhamdu lillahi robbil `alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *