Terapi Fokus : 1 Kali, 17 Menit, Permanen Selamanya Berdasarkan Neuroscience

  • Ryan Isra
  • Nov 27, 2023
Bagaimana Cara Fokus? Coba Terapi Fokus ini, cukup 1 Kali, 17 Menit, Permanen Selamanya Berdasarkan Neuroscience Andrew Huberman
Daftar Isi [ Tutup ]

Terapi Fokus : 1 Kali, 17 Menit, Permanen Selamanya. Bombastis ya judulnya.

Hari ini saya baru aja menonton video dari Andrew Huberman, seorang neuroscientis Amerika dan profesor di Stanford University School of Medicine.

Terapi Fokus : 1 Kali, 17 Menit, Permanen Selamanya Berdasarkan Neuroscience



Dalam videonya, dia mengungkapkan cara sederhana yang hanya memerlukan 17 menit latihan untuk meningkatkan fokus secara permanen dengan mengurangi jumlah “attentional blinks” (hilangnya perhatian) yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang mengatakan ini adalah cara mutakhir yang berbasis neuroscience dan bisa dibilang menakjubkan karena untuk meningkatkan fokus yang permanen, hanya memerlukan 17 menit latihan!

Keterampilan ini bisa membantu mereka yang berjuang dengan ADHD serta mengimbangi penurunan mental terkait usia. Andrew Huberman adalah seorang neuroscientis Amerika dan profesor tetap di departemen neurobiology and psychiatry and behavioral sciences di Stanford University School of Medicine.

Ide brilian ini sebenarnya datang dari penelitian terbaru di bidang neurosains yang menemukan bahwa dengan memfokuskan diri pada sensasi tubuh kita secara internal (seperti detak jantung dan pernapasan) selama kurang lebih 17 menit, kita bisa melatih otak kita untuk lebih fokus dalam jangka panjang.

Mengejutkannya, penelitian ini menemukan hanya SATU latihan singkat ini saja sudah membuat perubahan permanen pada cara kerja otak dalam hal mengarahkan perhatian. Bahkan, ini terbukti bermanfaat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa dalam mengurangi “attentional blinks” yang membuat kita melewatkan sesuatu karena terlalu fokus pada satu hal.

Jadi coba deh lakukan teknik meditasi sederhana ini, siapa tahu bisa jadi obat mujarab untuk meningkatkan daya fokus dan produktivitas kita ya!
Tentunya harus konsisten latihan jika dirasa belum signifikan, dan ingat total waktunya cuma 17 menit kok.

Dan, bagi yang muslim, saya langsung relate dengan aktivitas shalat 5 waktu kita setiap hari, dan rata-rata shalat + dzikirnya itu menghabiskan 15-20 menit secara umum, hanya saja memang tidak mudah untuk khusyu dalam shalat.
Tapi, saya rasa buat yang sudah terbiasa untuk khusyu’ (karena dilatih) akan lebih mudah dan memahami (atau mungkin sudah merasakan) cara/metode 17 yang dipaparkan ini.

Berikut detailnya di video potongannya :


Yuk kita tingkatkan fokus bersama!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian